Thursday, April 28, 2016

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai beberapa sumber makanan yang mengandung omega 3, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu. Susu sapi merupakakan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Selain susu sapi terdapat sumber makanan lain yang juga tinggi akan kandungan kalsium. Kalsium memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu dalam proses pembentukan gigi dan tulang.

Apabila tubuh kekurangan akan kalsium dapat menyebabkan masalah pada tulang seperti pengeroposan tulang atau disebut juga dengan osteoporosis. Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk membantu melancarkan perdaran darah, melenturkan otot, mencegah penyakit jantung, dan banyak lagi. Maka dari itu ada baiknya untuk kita mengonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalisum pada tubuh. Di bawah ini terdapat beberapa informasi mengenai makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Berikut Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Selain Susu

Keju

Keju merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Keju sendiri merupakan sumber makanan yang terbuat dari susu. Tak hanya kalsium saja, di dalam keju juga terdapat beberapa kandungan nutrisi penting untuk tubuh lainnya diantaranya seperti mineral, vitamin, protein, lemak, kolesterol, dan kandungan lainnya. Nah untuk mendapatkan semua nutrisi tersebut jangan lupa mengonsumsi keju secukupnya.

Kacang Kedelai

Makanan yang mengandung kalsium tinggi berikutnya adalah kacang kedelai. Di dalam kacang kedelai mengandung kandungan kalsium  cukup tinggi. Di dalam secangkir kacang kedelai yang direbus dapat menghasilkn sekitar 261 mg kalsium. Sampai saat ini kacang kedelai diolah menjadi berbagai sumber makanan seperti tempe, susu kedelai, dan banyak lagi.

Yoghurt

Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi berikutnya adalah Yoghurt. Yoghurt juga merupakan sumber makanan dari susu yang sangat populer keberadaannya. Yoghurt memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh, dan baik untuk kesehatan tulang. Ini dikarenakan di dalam Yoghurt mengandung sumber kalsium tinggi.

Kacang Almond

Selain kacang kedelai, kacang almond juga mengandung sumber kalsium tinggi bagi kesehatan tubuh. Kacang almon dapat dicampurkan ke dalam kue ataupun coklat. Kacang almond memang terkenal dengan sumber vitamin E yang baik untuk kulit maupun rambut. Selain kandungannya tersebut ternyata kacang almond mengandung sumber nutrisi lainnya seperti zat besi maupun juga kalium. Di dalam seperempat cangkir kacang almond mengandung 72 mg.

Ikan Salmon

Selain mengandung omega 3 ternyata ikan salmon juga mengandung nutrisi lainnya seperti kalsium yang tinggi. Di dalam 3 ons ikan salmon mengandung kalsium tinggi yakni sebesar 181 mg. Ikan salmon baik bagi para penderita diabetes karena kandungan mineral yang tinggi.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sereal yang sangat populer di kalangan masyarakat. Oatmeal sumber makanan yang berbahan dasar serat yang baik untuk pencernaan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa oatmeal juga mengandung kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Di dalam satu porsi oatmeal mengandung paling tidak 105 mg kalsium.

Brokoli

Sayuran brokoli juga masuk ke dalam sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Brokoli baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung berbagai macam nutrisi termasuk juga kalsium. Di dalam sayuran brokoli paling tidak terdapat sebanyak 180 mg kandungan kalsium.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu yang bisa Anda ketahui.

Baca

No comments:

Post a Comment